Diagnosis Kanker Paru



Penegakan Diagnosis dilakukan untuk menentukan (1) keberadaan lokasi kanker, (2) histopatologi/ jenis kanker apa dan (3) stadium/ staging yang didasarkan pada:
1. Anamnesis
2. Pemeriksaan Fisis
3. Pemeriksaan Penunjang

1. Anamnesis
Dari anamnesis dapat ditemukan adanya Tanda dan Gejala dari Kanker Paru yaitu:
Nyeri dada, Batuk, Hemoptisis/Batuk darah, Nyeri tulang, Sesak Napas, BB turun, Demam, Jari tabuh, Kelemahan, Obstruksi vena kava superior, mengi/stridor.

Perlu diketahui bahwa kanker paru primer itu berasal dari epitel bronkus, adanya pertumbuhan epitel bronkus dapat memunculkan keluhan dan tanda yang bisa dikelompokan menjadi 4 yaitu
- Akibat pertumbuhan neoplastik
- Akibat penekanan/ infiltrasi ke organ sekitar
- Akibat metastasis: dapat memunculkan manifestasi tergantung dari lokasi penyebaran seperti otak, pleura, hepar, ginjal, tulang, saraf
- Kelainan dari sindrom paraneoplastik: sekelompok kelaina klinis yg dikaitkan dg keganasan dan tida terkait langsung dg efek fisis primer tumor/ metastasis.Dapat melibatkan berbagai sistem: endokrin, neurologis, skeletal, ginjal, sistemik, kolagen vaskualr, kulit, hematologi, koagulopati.

2. Pemeriksaan Fisis
Pada pemeriksaan fisis ini didasarkan dari gejala yang kemudian di konfirmasi melalui pemeriksaan fisis yang baik dan komprehensif.
pada pemeriksaan fisi dapat ditemukan normal bila lesi masih kecil. 

3. Pemeriksaan Penunjang

Tujuan: melengkapi staging dari sistem TNM:  Mengetahui lokasi, ukuran tumor, Menentukan adanya metastasis. Pada penunjang dapat dilakukan menggunakan beberapa modalitas:
- Foto polos, CT, USG, Bone Scan, PET, MRI
- Pemeriksaan khusus: Bronkoskopi, Biopsi aspirasi jarum, TBLB, TTNA, TTB, AJH/FNA, Biopsi KGB/Pleura, Pleuroskopi, VATS, Sitologi sputum
- Pemeriksaan lain: Genetik, tumor marker

Dari hasil diagnosis didapatkan
1. Diagnosis Klinis : dari gejala, PF, Penunjang namun belum diketahui jenis kankernya
2. Diagnosis Patologis : sudah terkonfirmasi histopatologi kanker

Klasifikasi HISTOPATOLOGI KANKER akan menentukan Rencana Terapi
- Sel Kecil (KPSK)
- Bukan sel Kecil (KPBSK): Terdiri dari adenokarsinoma, karsinoma sel skuamosa


Referensi:
- Diagnosis knker paru. Bab 8. Seri buku ajar onkologi torak: Dasar-dasar diagnosis kanker paru. Anwar yusuf. Jakarta: UI Press. 2017.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pediatric Nutrition Care

Pemasangan WSD (Water Seal Drainage) / Chest Tubes

Cara Membaca Foto Rongent Thorax